- Fungsi-fungsi Statistika pada Microsoft Excel
Statistika biasanya dipakai sebagai metode untuk menganalisis data yang jumlahnya sangat banyak. Fungsi-fungsi statistika yang terdapat pada Microsoft Excel sangat banyak, yang sering digunakan seperti :
NAMA FUNGSI | KEGUNAANNYA |
COUNT | Menghitung banyak data yang ada. |
AVERAGE | Menghitung rata-rata data. |
MEDIAN | Mengetahui nilai tengah data. |
MODE | Mengetahui data yang paling sering muncul. |
MAX | Menghitung nilai terbesar data. |
MIN | Menghitung nilai terkecil data. |
COUNTIF | Mencari jumlah data dari suatu range dengan kriteria tertentu. |
Cara penulisan formula untuk fungsi-fungsi tersebut sangat sederhana, dengan aturan sebagai berikut :
=NamaFungsi(range sel data yang akan diolah)
Contohnya sebagai berikut :
=COUNT(B2:B11)
=AVERAGE(B2:B11)
=MEDIAN(B2:B11)
=MODE(B2:B11)
=MAX(B2:B11)
=MIN(B2:B11)
=COUNTIF(B2:B11;”<7000”)
- Fungsi-fungsi Matematika pada Microsoft Excel
Ilmu matematika merupakan ilmu induk dari statistik, yang digunakan untuk membantu operasi perhitungan. Berikut berbagai fungsi yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan perhitungan matematika.
1. Aplikasi pada Trigonometri (yang berhubungan dengan perhitungan sudut segitiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen). Berikut adalah beberapa fungsi yang berhubungan dengan trigonometri.
NAMA FUNGSI | KEGUNAANNYA |
RADIANS | Mengubah derajat dari sebuah sudut menjadi angka radian tertentu. |
DEGREES | Mengubah angka radian tertentu menjadi derajat sudut tertentu. |
SIN | Menghitung sinus sudut tertentu. |
COS | Menghitung cosinus sudut tertentu. |
TAN | Menghitung tangen sudut tertentu. |
Contohnya sebagai berikut :
=RADIANS(30) hasilnya 0,5236
=DEGREES(0,5236) hasilnya 30o
=SIN(RADIANS(30)) hasilnya 0,5
=COS(RADIANS(30)) hasilnya 0,8660
=TAN(RADIANS(30)) hasilnya 0,57735
2. Aplikasi pada Aritmatika ( yang mempelajari perhitungan dasar bilangan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Digunakan juga sebagai perhitungan yang lebih rumit, seperti persentase, akar kuadrat, pemangkatan, dan logaritma.
NAMA FUNGSI | KEGUNAANNYA |
LOG | Mencari nilai logaritma dengan basis nilai tertentu. |
LOG10 | Mencari nilai logaritma dengan basis nilai 10. |
LN | Mencari nilai logaritma natural dengan basis “e” (2,718). |
EXP | Memproses kuadrat (pangkat) bilangan “e” dengan nilai tertentu. |
SQRT | Mencari akar kuadrat dari suatu nilai tertentu. |
FACT | Mencari nilai faktorial. |
ABS | Menetapkan nilai menjadi absolut positif. |
SUM | Menjumlahkan data yang ada. |
SUMIF | Menjumlahkan beberapa data dengan kriteria tertentu. |
Contohnya sebagai berikut :
=LOG(35;2)
=LOG10(35)
=LN(35)
=EXP(5)
=SQRT(25)
=FACT(9)
=ABS(SUM(3,5,-6,-8))
=SUM(A2:A6)
=SUMIF(A2:A6;”>100000”)
- Membuat Grafik pada Microsoft Excel
Hasil pengolahan data yang dilakukan oleh Excel tidak hanya berupa angka atau huruf saja, tetapi juga bisa disajikan dalam bentuk grafik (Chart). Dengan grafik, posisi tertinggi atau terendah suatu data dapat segera diketahui. Bentuk grafik ada beberapa jenis, diantaranya grafik Column, Line, Pie, Bar, Area, XY (Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble, dan Radar.
Beberapa jenis grafik dan manfaatnya :
1). Grafik Batang (Bar / Column) : grafik ini menampilkan data dan informasi dalam bentuk batang, biasanya digunakan untuk melihat perbandingan jumlah dari beberapa data atau informasi.
2) Grafik Lingkaran (Pie) : grafik ini menampilkan data atau informasi dalam bentuk irisan pada sebuah lingkaran, biasanya digunakan untuk menampilkan perbandingan data dalam bentuk persentase.
3). Grafik Garis (Line) : grafik ini menampilkan data atau informasi dalam bentuk garis, biasanya digunakan untuk menampilkan data yang terkait dengan waktu.
Pembuatan grafik : blok data yang akan dibuat grafik – klik menu Insert – klik Chart – pilih bentuk grafik yang diinginkan.
Mengganti tipe grafik : klik kanan pada grafik – klik Chart Type – pilih grafik yang diinginkan.
Memberi judul pada grafik : klik kanan pada grafik – pilih Chart Options / Layout – pilih Title – ketik judul grafiknya.
Menghapus grafik : klik kanan pada grafik – klik Cut.
- Mengurutkan data
Mengurutkan data biasanya diperlukan untuk menunjukkan peringkat. Pada Microsoft Excel, pengurutan data ada beberapa macam, yaitu :
a). Ascending : mengurutkan data dari nilai terkecil sampai nilai terbesar, contohnya : 1,2,3,… atau A,B,C,…
b). Descending : mengurutkan data dari nilai terbesar hingga yang terkecil, contohnya : 5,4,3,2,1 atau E,D,C,B,A
c) AutoFilter / Filter : mengurutkan data dengan pilihan tertentu dan kriteria tertentu.
Langkah-langkahnya :
- Blok data yang akan diurutkan
- Klik menu Data
- Klik Sort / Filter
- Referensi Absolut dan Semi Absolut
Referensi atau acuan merupakan identifikasi sebuah sel atau kumpulan sel.
1. Referensi Absolut merupakan alamat sel yang mempunyai nilai tetap, contohnya $A$7. Untuk memunculkan tanda $ sebagai referensi absolut adalah dengan menekan keyboard tombol F4. Bila referensi absolut ini dikopi, baik ke kanan maupun ke bawah, akan mempunyai alamat atau referensi tetap, yaitu $A$7.
2. Referensi Semi Absolut (Campuran) merupakan alamat sel yang mempunyai nilai sebagian tetap, sebagian berubah.
- Misalnya $A7, artinya kolom A adalah referensi absolut (tetap) dan baris ke-7 sebagai referensi relatif (dapat berubah). Apabila sel ini dikopi ke kanan akan tetap $A7, bila dikopi ke bawah akan berubah menjadi $A8.
- Misalnya A$7, artinya kolom A adalah referensi relatif (dapat berubah) dan baris ke-7 sebagai referensi absolut (tetap). Apabila sel ini dikopi ke kanan akan berubah menjadi B$7, tetapi bila dikopi ke bawah akan mempunyai sel referensi tetap yaitu A$7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar