Jumat, 15 Oktober 2010

Program Aplikasi Pengolah Kata

A.      Kegunaan Program Pengolah Kata

Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata yang digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, brosur, surat, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.

Langkahlangkah memulai bekerja dengan Word

  Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar

  Muncul sejumlah menu, pilih All Program

  Klik Microsoft Office kemudian Microsoft Word

Menutup Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut:

Ø      Simpan terlebih dahulu lembar kerja Anda

Ø      Pilih dan klik File > Exit, atau klik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word, atau tekan tombol Alt+F4

Ø      Tunggu sampai jendela Word 2003 ditutup

 

Save File

Untuk menyimpan file:

1.  Klik File

2.  Klik Save / Save As

3.  Ketikkan nama file dari file yang disimpan

4.  Kemudian klik Save

 

Close File

Untuk menutup file dapat dilakukan dengan:

1.    Klik menu File

2.    Kemudian klik Close

 

Open File

Untuk membuka file yang sudah pernah disimpan sebelumnya:

1.  Klik File

2.  Klik Open

3.  Pilih file tersebut

4.  Kemudian klik Open

 

Mengatur Format Halaman 

Untuk mengatur batas (margin) kiri/kanan/atas/bawah, ukuran kertas, orientasi pencetakan, dapat dilakukan dengan:

1.  Klik menu File

2.  Klik Page Setup

3.  Untuk mengatur Margins, klik tab Margins, kemudian ubah batas-batas tersebut dengan mengetikkannya pada kotak yang telah tersedia

4.  Untuk mengatur ukuran kertas ataupun orientasi pencetakan, klik tab Paper. Pilih jenis kertas yang sesuai dengan mengklik dan memilih pada kotak Paper size. Jika pengguna ingin menggunakan ukuran kertas yang tidak umum dan pilihan kertas tersebut tidak disediakan Word, maka pengguna dapat memilih Custom size, kemudian mengetikkan ukuran kertasnya pada kotak Width (lebar kertas) dan Height (panjang kertas).

5.  Klik OK (cukup dilakukan pada salah 1 tab saja dan perubahan yang telah dilakukan pada masing-masing tab akan diimplementasikan).


Print Preview

Sebelum mencetak dokumen, untuk memastikan dahulu bahwa hasil cetaknya nanti akan sesuai dengan keinginan, maka pengguna dapat melihat tampilan tercetaknya pada layar monitor terlebih dahulu. Caranya adalah: 

1.  Pada dikumen yang akan dicetak, klik menu File

2.  Klik Print Preview

3.  Jika tampilan di sini sudah sesuai dengan keinginan, berarti hasil cetaknya (di kertas) juga akan sesuai

4.  Untuk kembali ke tampilan dokumen, klik tombol Close

 

Print

Untuk mencetak dokumen yang telah dibuat, caranya adalah:

1.  Dari dokumen yang akan dicetak, klik menu File

2.  Klik Print

3.  Pilih printer yang akan digunakan pada kotak Name

4.  Tentukan halaman yang akan dicetak pada bagian Page range

5.  Kemudian klik OK

 

Menghapus Teks

Di atas telah dijelaskan cara menghapus karakter yang telah ditulis (tombol backspace atau del), namun jika karakter yang akan dihapus cukup banyak, misalnya 1 paragraf, cara di atas sangatlah lama. Untuk itu, dapat digunakan cara berikut:

1.  Blok bagian yang akan dihapus

2.  Tekan tombol DELETE pada keyboard

 

Memindahkan Teks

Untuk memindahkan teks ke tempat lain, dapat dilakukan dengan:

1.  Blok bagian yang akan dipindahkan

2.  Klik menu Edit kemudian klik Cut,

atau klik kanan kemudian klik Cut,

atau tekan tombol Ctrl kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl tekan tombol C (Ctrl+X).

3.  Tempatkan kursor pada lokasi baru, tempat teks tersebut akan diletakkan, kemudian

4.  Klik menu Edit, kemudian klik Paste

atau klik kanan, kemudian klik Paste

atau tekan tombol Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol V (Ctrl+V).

 

Meng-copy Teks

Jika suatu teks akan ditulis lagi pada bagian lain, maka untuk mempermudah dan mempercepat proses penulisan ulang (peng-copy-an), dapat digunakan cara berikut:

1.  Blok bagian yang akan dipindahkan.

2.  Klik menu Edit, kemudian klik Copy.

atau  klik kanan, kemudian klik Copy.

            atau tekan tombol Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol C (Ctrl+C).

3.  Tempatkan kursor pada lokasi baru, tempat teks hasil duplikasi akan diletakkan.

4.  Klik menu Edit, kemudian klik Paste.

atau klik kanan, kemudian klik Paste.

atau tekan tombol Ctrl, kemudian tanpa melepaskan tombol Ctrl, tekan tombol V (Ctrl+V).

 

Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste

Perintah Copy dan Paste mempunyai  kaitan.  Perintah Copy digunakan  untuk  menggandakan  karakter  yang  terpilih  untuk  kemudian menempatkannya  pada  posisi  lain,  perintah Paste adalah  untuk

menempatkan  hasil  pengoperasian  perintah  tersebut;  ke  tempat  yang  baru. Perintah  Cut digunakan  untuk  memotong  karakter  yang  terpilih  untuk kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah  Paste untuk menempatkan  hasil  ke  tempat  yang  baru.  Bedanya  dengan  perintah  Copy adalah  perintah Cut  akan  menghapus  karakter  yang  berada  pada  posisi aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada posisi asli. Perintah Copy, Cut, dan Paste juga berlaku antar dokumen.

 

Menggunakan perintah Undo dan Redo

Perintah  Undo digunakan  untuk  mengembalikan  aksi  yang  telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo adalah sebaliknya.

 

Page Numbers

Untuk memberikan nomor halaman pada dokumen yang sedang digunakan, dapat

dilakukan:

1.  Klik menu Insert

2.  Klik Page Numbers

3.  Pilih apakah nomor halaman akan diletakkan di atas (Top of page (Header))

atau di bawah (Bottom of page (Footer)) dengan memilih pada kotak Positions

4.  Pilih tempat nomor halaman akan diletakkan secara mendatar pada kotak Alignment

5.  Kemudian untuk menentukan jenis penulisan nomor halaman, klik tombol Format

6.  Pilih jenis penomoran halaman yang diinginkan

7.  Klik OK pada dialog box Page Numbers

 

Indentasi

Indentasi adalah jarak teks dari ujung kiri atau kanan. Pengguna dapat mengatur jarak

tersebut dengan cara:

1.  Klik menu Format

2.  Klik Paragraf

3.  Klik tab Indents and Spacing

4.  Pilih bagian Indentation

 

Spasi

Spasi antar paragraf  ataupun antar baris dapat diatur dengan:

1.  Klik menu Format

2.  Klik Paragraf

3.  Klik tab Indents and Spacing

4.  Pilih bagian Spacing

 

Font

Jenis huruf, warna, ukuran yang digunakan oleh suatu teks dalam suatu dokumen dapat diubah-ubah. Caranya:

1.  Klik menu Format

2.  Klik Font

3.  Pilih hal-hal apa saja yang akan diubah

4.  Klik OK

 

Bullets and Numbering

Penomoran (numbering)  dan  penandaan/pemerian  (bullet), dapat dibuat melalui menu Format > Bullets and Numbering untuk membuat variasi teks.

 

Perataan teks

·      Rata kiri (Align Left):

Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

·      Rata tengah (Center):

Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

·      Rata kanan (Align Right):

Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

·      Rata kiri kanan (Justify):

Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

 

Menyisipkan Header dan Footer

Fasilitas  Header and Footer digunakan  untuk  membuat  catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, klik menu  View  >  Header  and  Footer  sehingga  tampilan  dokumen  akan

berpindah  pada  area  header atau  footer.  Hal  ini  diindikasikan dengan teks dan objek di dalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang hendak dibuat.

 

Borders and Shading

Untuk membuat bagian border dan shading caranya adalah dengan klik menu Format  >  Borders  and  Shading  kemudian  akan  muncul  kotak  dialog Borders  and  Shading.  Tab  Borders  untuk  membuat  garis  pembatas,  tab Page  Border  untuk  membuat  garis  pembatas  pada  halaman,  sedangkan  tab  Shading untuk  mewarnai  satu  baris.

 

Membuat kolom

Untuk membuat kolom adalah dengan mengklik menu Format > Columns.

 

Menggunakan table

Untuk  membuat  tabel,  klik  menu  Table  >  Insert  > Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table.

Number  of  columns:  untuk  menentukan  jumlah  kolom. Number of rows: untuk menentukan jumlah baris.

 

Menyisipkan gambar

Gambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar  yang disisipkan dapat berupa  file  gambar  atau  kumpulan  gambar  (clip  art)  yang  telah  disediakan program  MS  Word.  Untuk  menyisipkannya,  klik  menu  Insert  >  Picture  > Clip  Art.  Pada  bagian  Search  for  di  Task  Pane,  ketikkan  kata  petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini:

Untuk  menyisipkan  gambar  dari  file,  klik  menu  Insert  >  Picture  >  From File  sehingga  muncul  kotak  dialog    Insert  Picture.  Pilih gambar yang diinginkan dari folder.

 

Menyisipkan objek AutoShape

AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek  tersebut  dapat  disisipkan  dengan memilihnya pada Tool  Bar  Drawing. Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View  >  Toolbars  >  Drawing. Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.

 

Menyisipkan symbol

Di  dalam  dokumen  juga  sering  dijumpai  pengguna  simbol  seperti  ©,  ®,€  , dan  sebagainya.  Cara  menyisipkan  simbol  adalah  klik  menu   Insert  > Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol. Pilihlah simbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.

 

Menyisipkan diagram

Untuk membuat diagram klik Insert > Picture > Organization Chart. Untuk mengubah tipe diagram, klik  Chart > Chart Type sehingga muncul kotak  dialog  Chart  Type.  Pada  kotak  tersebut  pilihlah  tipe diagram yang dihendaki, kemudian klik tab OK.

 

MenyisipkanWordArt

Teks  yang  dibuat  dengan  WordArt  akan  tampak  lebih  bervariasi.  Cara  membuatnya  adalah  klik menu    Insert  > Picture > WordArt sehingga muncul WordArt Gallery. Pilih kreasi teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar